Program Studi Agribisnis bekerjasama dengan perusahaan nasional, PT Keraton Agri Nusantara (KAN) dalam upaya penguatan kompetensi mahasiswa agribisnis melalui program magang.  PT KAN berlokasi di Kabupaten Ponorogo merupakan perusahaan produsen, distributor, supplier obat dan alat pertanian.

PT.KAN merupakan perusahaan yang didirikan oleh Alumni Universitas Islam Malang dan sukses di bidang pertanian. PT KAN berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan petani sejahtera dengan menyediakan produk dan jasa berkualitas bagi para petani.

(Dokumentasi Kegiatan)

Magang mahasiswa merupakan program pengembangan yang dilakukan prodi Agribisnis FP UNISMA pada perusahaan-perusahaan level nasional, multinasional maupun internasional. Kegiatan magang di PT KAN, diawali dengan pembekalan kepada mahasiswa peserta magang dan serah terima 15 mahasiswa dari Prodi Agribisnis kepada PT KAN yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 3 Juni 2023 di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Prodi Agribisnis UNISMA, Dr. Dwi Susilowati, SP., MP. beserta dosen pendamping Ir. Sri Hindarti M.Si, dan Arief Joko Saputro, SP., MP. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Ian, Bapak Budi Prasetyo, Bapak Yosep Paraono, Ibu Santi dan seluruh staff dan tim dari PT KAN. Kegiatan magang di PT KAN akan dilaksanakan selama 1 bulam mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 1 Juli 2023.

(Dokumentasi Kegiatan)

Peningkatan kompetensi mahasiswa agribisnis melalui magang, sangat penting dilakukan oleh prodi agribisnis di era digital saat ini. Kompetensi agribisnis merupakan penunjang keberlanjutan pertanian sebagai penyedia kebutuhan dasar manusia yaitu pangan, sehingga dapat dikatakan bahwa selama manusia masih ada maka agribisnis akan terus berkembang dan tidak akan pernah mati.

(Dokumentasi Kegiatan)

Mahasiswa dapat mengamati dan terjun langsung mengenai persoalan yang dihadapi oleh petani melalui magang di PT KAN. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu menjadi pribadi yang mandiri sebagai problem solving khususnya dalam masyarakat pertanian di pada era digital. Output dari kegiatan magang di PT KAN, mahasiswa mampu menangkap peluang bisnis dengan kemampuan digital marketing, serta mahasiswa sebagai agen perubahan yang turut memperjuangkan kesejahteraan petani sebagai garda terdepan pangan di Indonesia