Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang telah mengadakan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di Balai Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, Rabu (8/02/2023). Pengabdian ini mengusung tema yang berkaitan dengan Difersifikasi Olahan Pangan Sehat, Pembuatan Jus Buah Sayur, Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pupuk,  Subtitusi Pupuk Organik, Strategi pengembangan UMKM, dan meningkatkan Awarness terhadap Packaging, Labeling, serta Pemasaran Digital suatu Produk.

Pengabdian ini didampigi oleh Kades Desa Banjarsari Bapak Huda beserta perangkat desa lainnya. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 60 ibu-ibu PKK. Pengabdian ini diawali dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Dwi Susilowati, SP.,MP mengenai pembuatan Jus Buah dan Sayur.

Pada meteri ini diberikan juga edukasi kepada ibu-ibu PKK hamil mengenai  pengembangan kewirausahaan dalam meningkatkan pendapatan. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Siti Asmaniyah, SP.,MP mengenai difersifikasi pangan sehat.

Penyuluhan ini meliputi bagaimana memanfaatakan komoditas potensi lokal agar dapat dimanfaatkan menjadi pangan sehat yang aman dikonsumsi; serta olahan apa saja yang dapat dijadikan opsi sebagai pangan sehat. Penyuluhan mengenai awarness konsumen terhadap Packaging Labeling, serta Pemasaran Digital suatu Produk disampaikan oleh Dina Kartika Sari, SP.,MP .

Dalam penyuluhannya disampaikan fungsi packaging, labeling, serta Pemasaran Digital agar masyarakat lebih pintar dalam melihat kemasan dan label suatu produk sehingga masih layak dikonsumsi atau tidak. Masyarakat juga dihimbau terhadap pemasaran digital yang sudah dapat diakses dan dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengembangkan kewirausahaan. Dalam pengabdian ini juga diberikan  penyuluhan terkait Pemanfaatan Limbah Pertanian sebagai Pupuk oleh Dr. Ir Anis Sholihah,MP.

Antusias Ibu-ibu PKK cukup tinggi, terlihat dengan adanya pertanyaan yang diajukan kepada masing-masing para pemateri. Sesi terakhir dalam pengabdian ini adalah berfoto bersama dan menikmati Jus Agriseta dari produk unggulan Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang (DKS/FP).