Latar belakang berdirinya Fakultas Pertanian

Didorong oleh rasa tanggungjawab yang tinggi untuk mencetak intelektual muslim, khususnya yang berkaitan dengan disiplin ilmu-ilmu pertanian, serta berkat dorongan dari para sarjana pertanian yang ada di Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya Malang yang pada waktu itu dipimpin oleh Prof. Dr. Ir, Soetnono, maka segenap pengurus Yayasan Izzul Islam Wal Muslimin (YIIM) yang telah berhasil mewujudkan :

  1. Fakultas Da’wah Universitas Sunan Giri yang berdomisili di Kepanjen Malang
  2. Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama (SMANU) yang berdomisili di Nadilankung, Kepanjen Malang
  3. Seolah Menengah Pertama (SMP) KH. Moh. Sa’id yang berdomisili di Curugrejo, Kepanjen Malang

Telah mengadakan pertemuan pada tanggal 21 Juni 1980 dengan agenda rencara pendirian Fakultas Pertanian di Kota Malang. Dari hasil musyawarah disepakati mendirikan Fakultas Pertanian di bawah Universitas Sunan Giri Surabaya dan berdomisili di kota malang. Keputusan ini didukung oleh Universitas Sunan Giri Surabaya, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, dan Fakultas Tarbiyah Unsuri di malang.

Fakultas Pertanian Universitas Sunan Giri Surabaya yang berdomisili di malang diresmikan pada tanggal 15 September 1980 oleh Rektor Unsuri Surabaya Drs. H. Mardjiin Syam dan di hadiri oleh dosen-dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, pengurus yayasan dan para Undangan.

Akan tetapi dengan berdirinya Universitas Islam Malang pada tanggal 27 Maret 1981 Fakultas Pertanian dan Fakultas Tarbiyah Unsuri Surabaya bergabung dengan Universitas Islam Malang hingga sekarang.

Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang memiliki dua jurusan yakni Jurusan Budidaya Pertanian dengan Program Studi Agroteknologi dan Jurusan Sosial Ekonomi dengan Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian telah meluluskan lebih dari 4000 sarjana yang tersebar diseluruh Indonesia dalam berbagai bidang pekerjaan.