Dr. Dwi Susilowati, SP., M.P.

(Kaprodi Agribisnis)

SELAYANG PANDANG PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

Program Studi Agribisnis berdiri 1980, memiliki Dosen berkualifikasi 53% S-3 (Doctor), dan 47% S-2 (Magister). Dalam rangka menghasilkan lulusan berwawasan global, Prodi Agribisnis terus meningkatkan performance kualifikasinya dan senantiasa mengembangkan diri dalam bidang IPTEKS Pertanian dengan menyediakan sarana dan prasarana utama maupun penunjang antara lain tersedianya Laboratorium Agribisnis Modern, perkuliahan multimedia, dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan Home Industry se-Malang Raya sebagai Practical Training Center bagi mahasiswa. Prodi Agribisnis diarahkan untuk membentuk Profil Sarjana Agribisnis yang unggul, professional dan memiliki akhlaqul karimah sesuai dengan Ahlussunnah Wal Jama’ah. Lulusan ynag dihasilkan oleh Prodi Agribisnis dapat bekerja sebagai seorang manajer, pengusaha, fasilitator pengembangan masyarakat dan konsultan agribisnis.

“TERAKREDITASI A”

VISI DAN MISI

VISI

Menghasilkan sumberdaya Agribisnis yang professional, mandiri, mampu bersaing, bekerjasama, beriman dan bertaqwa berlandaskan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang profesional dibidang agribisnis dan berjiwa kewirausahaan, berakhlaqul karimah, mandiri, mampu bersaing dan bekerjasama.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang agribisnis dan kewirausahaan sesuai dengan perkembangan IPTEKS
  3. Melaksanakan kerjasama dibidang agribisnis dan kewirausahaan dengan institusi pemerintah dan swasta

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dibidang Agribisnis dan berjiwa kewirausahaan sesuai dengan perkembangan IPTEKS, dan berakhlaqul karimah.
  2. Menghasilkan penelitian dibidang Agribisnis dan kewirausahaan serta mengimplementasikannya kepada masyarakat.
  3. Terjalinnya kerjasama dibidang Agribisnis dan kewirausahaan dengan institusi pemerintah dan swasta

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi  Agribisnis Fakultas Pertanian UNISMA meliputi 4 bidang keahlian (konsentrasi) sebagai berikut :

  1. Kompetensi dibidang Agribisnis  harus menguasai ilmu pertanian yang meliputi teknik budidaya, pemasaran, pasca panen dan mampu merancang, menganalisis, mengoperasikan dan memelihara sistem agribisnis secara profesional
  2. Kompetensi dibidang Kewirausahaan harus Menguasai ilmu kewirausahaan dan mampu merancang, mengoperasikan dan mengembangkan unit wirausaha.
  3. Kompetensi dibidang Pemberdayaan Masyarakat yang harus Menguasai dan mampu menerapkan ilmu dalam pemberdayaan masyarakat.
  4. Kompetensi dibidang Riset dan Pengabdian kepada masyarakat.       Menguasai ilmu dan teknik penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

PROFIL

  1. Manajer Agribisnis
  2. Pengusaha Agribisnis / Petani Modern
  3. Fasilitator Pengembangan Agribisnis
  4. Konsultan / Pengkaji Kebijakan Agribisnis

PROGRAM UNGGULAN :

  1. Kewirausahaan
  2. Pemberdayaan Masyarakat
  3. Kompetensi dibidang Agribisnis
  4. Kompetensi dibidang Riset dan Pengabdian kepada masyarakat.

PELUANG KERJA

  1. PNS Lingkungan Departemen Pertanian
  2. Pendidikan (Dosen/Guru)
  3. Lingkup PEMDA dan Instansi terkait
  4. Perbankan
  5. Unit-Unit Industri dan Jasa
  6. Perusahaan Negara, Swasta (BUMN/PMDN/PMLN)
  7. Wirausaha Mandiri
  8. Perkebunan

Profil Prodi Agribisnis