Informasi

Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang Gelar Seminar Nasional dan Silaturahmi Nasional Petani J

Rabu, 29 Mei 2019 - 10:01 WIB
Diposting oleh: Faperta - Kategori: Berita Terkini

Minggu, 31 Maret 2019 bertepatan dengan hari silaturahmi jamur nasional. Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang (UNISMA) berkolaborasi dengan Petani Jamur Nusantara menggelar seminar nasional dengan tema “Prospek Dan Tantangan Budidaya Jamur Di Era Revolusi Industri 4.0” dan Silaturahmi Nasional Petani Jamur Nusantara.

                Acara yang dilaksanakan di gedung Ali Bin Abi Thalib UNISMA diawali dengan sambutan-sambutan dan dibuka langsung oleh rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. H. Masykuri, M.si, selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh Direktorat Jendral Hortikultura dari Kementrian Pertanian bapak Indra STP., M.M

                Menurut Dekan Fakultas Pertanian UNISMA Dr. Ir. Nurhidayati, MP. dalam sambutannya, acara ini bertujuan untuk mengimplementasikan hasil penelitian perguruan tinggi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat umum serta petani jamur khususnya, sehingga perlu dilakukan kolaborasi yang sinergis antar para pakar jamur dan stakeholder.

                “Hari ini kita buktikan bahwa petani jamur cukup besar di Inonesia” ungkap Dekan Fakultas Pertanian ketika diwawancarai crew RadiX, sebanyak 1300 petani jamur dari seluruh Indonesia turut antusias menghadiri acara tersebut dengan berbagai tujuan dan motivasi. Mas Wahyudin misalnya, petani jamur asal lamongan ini mengutarakan tujuan dan motivasinya mengikuti acara ini. yaitu untuk bersilaturahmi antar sesama petani dan menambah wawasan seputar jamur. Doorprise dan makan jamur gratis sebanyak 0,5 ton menjadi salah satu daya tarik yang banyak mengundang antusias mahasiswa dan masyarakat umum. Ali Mas’ud contohnya  mahasiswa Fakultas Pertanian UNISMA ini sangat antusias dengan adanya acara ini, “ honestly aku senang banget kak, karena ini dapat mencukupi giziku sebagai anak kos” ujarnya ketika diwawancarai crew Radix.

                Dekan Fakultas pertanian juga berharap dengan adanya acara ini  semoga mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam teknologi budidaya jamur, dan termotivasi berwirausaha sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan bukan hanya mencari pekerjaan.